4 Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Komentar

Blogger mana yang tidak suka jika tulisannya banyak mendapat komentar?

Apalagi komentar yang masuk adalah komentar yang positif. Ya walaupun tidak semua blogger menjadikan banyaknya jumlah komentar sebagai tujuan utama. Apalagi pada dasarnya banyaknya komentar belum tentu menunjukkan bahwa blog tersebut juga memiliki banyak pengunjung.

Lalu, apa sebenarnya yang mempengaruhi banyak atau tidaknya sebuah blog atau tulisan mendapat komentar?

Menurut saya ada 4 faktor utama yang mempengaruhi jumlah komentar pada blog atau sebuah tulisan.Berikut ini 4 faktor yang mempengaruhi jumlah komentar :

1. Faktor Popularitas Blog

Popularitas blog atau pemilik blog itu sendiri sangat mempengaruhi jumlah komentar. Contoh, jika blog tersebut adalah milik seorang selebriti, maka posting sebuah kalimat pun akan menuai banyak komentar. Atau blog tersebut memang sudah sangat terkenal maka secara otomatis komentar yang masuk pun banyak.

2. Faktor Blogwalking

Jika blog atau pemilik blognya bukan orang terkenal, tetapi pemilik blog rajin blogwalking maka jumlah komentar yang masuk ke blog nya pun akan meningkat. Tentu saja itu berasal dari kunjungan balasan. Apalagi jika pemilik blog bisa berkomentar dengan baik ketika blogwalking tersebut, maka kunjungan balasan pun akan meningkat.

3. Faktor Kualitas Tulisan

Melanjutkan poin nomor 2, rajin blogwalking diiringi dengan kualitas tulisan yang baik tentu akan sangat bagus. Kualitas sebuah tulisan juga akan mempengaruhi jumlah komentar. Jika tulisan itu bagus maka orang pun tidak akan segan untuk berkomentar.

4. Faktor Kemudahan Komentar

Faktor terakhir adalah kemudahan untuk berkomentar. Bayangkan jika hanya untuk berkomentar kita harus mendaftar dulu, maka semua orang akan enggan melakukannya. Jadi jika ingin jumlah komentar yang banyak, buatlah agar orang mudah untuk berkomentar, jika perlu dengan menghilangkan tembok penghalang CAPTCHA pada form komentar.

Lalu, apakah anda suka banyak komentar di blog anda?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

23 thoughts on “4 Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Komentar

  1. yah saya memang gak terlalu berharap orang akan berkomentar terhadap apa yang saya tuliskan mengingat faktor manfaat yang didapatkan oleh pengunjung hampir tidak ada… karena motivasi saya ng-BLoG hanyalah mengisi waktu luang dan berbagi, itu saja. Mungkin itu sebabnya secara kualitas tulisan ya memang rada mengecewakan. :) namun seandainyapun ada yang berkenan mampir dan berinteraksi ya sebisa mungkinlah akan saya tanggapi. itu saja. :p

  2. Saya suka jika banyak komentar membangun atau berisi pada posting blog saya. Tentunya pada posting yang membutuhkan hal tersebut. Untuk posting biasa, saya sudah cukup senang jika minimal ada 10 komentar :-)

  3. Keempat faktor di atas sangat tepat.

    Banyak-tidaknya komentar di blog, bagi saya nggak masalah. Yang saya suka adalah komentar-komentar yang bersifat memberi semangat dan memberikan solusi atas sebuah masalah.

  4. hmmm..gimana ya, soalnya masih awam dalam dunia blog ^_^ ada yang suka dengan banyak komentar, dengan begitu sang pemiliki cukup populer dikalangan blogger (atau sering blogwalking?) ada yang suka dengan minimnya komentar tapi semua kmentar yang masuk berbobot karena saling shareng, kritik untuk hal membangun. sedang saya pribadi lebih baik sepi komentar daripada banyak komentar dari pada banyak komentar tapi semuanya hanya junk comments. Namun ga selalu juga sih yang junk comments buruk, mungkin karena karena buru-buru nguber jam terbang, hingga hanya sempat melakukan CTRL + V ^_^ atau tidak begitu paham dengan isi postingan sang pemilik blog jadinya bingung mau berkomentar apa hohohoho..
    mengenai faktor yang berpengaruh terhadap jumlah komentar..tentang poin ke empat. duhh..memang ribet banget ya, mau berkomentar musti di moderasi dulu. memang tujuannya bagus juga sih, tapi bukannya komentar juga bisa di hapus jika tidak berkenan dengan isi hati sang pemiliki blog :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *