4 Cara Mengembalikan Gairah Ngeblog

Berikut ini 4 cara untuk mengembalikan gairah ngeblog. Bagi anda blogger yang mengalami gejala kurang gairah dalam ngeblog mungkin beberapa cara atau langkah berikut ini bisa dicoba, walau belum tentu berhasil tetapi setidaknya bisa membawa anda kembali ke blog anda.

Untuk diketahui, 4 cara atau langkah untuk mencoba mengembalikan gairah ngeblog ini merupakan cara yang sudah saya coba sendiri alias pengalaman pribadi yang coba saya share, siapa tahu bisa bermanfaat. Atau mungkin ada juga blogger yang mengalami hal yang sama yaitu sempat hiatus lama dan akhirnya bisa aktif ngeblog kembali setelah mencoba cara-cara tertentu baik secara disengaja atau tidak.

Baiklah, berikut ini 4 cara yang bisa anda coba untuk mengembalikan gairah ngeblog :

1. Ganti Theme

Cara pertama untuk mengembalikan gairah ngeblog adalah dengan mencoba mengganti theme blog anda. Setelah sekian lama ditinggal, biasanya kita butuh suasana baru untuk tampilan blog. Apalagi jika sebelumnya tampilan blog anda terlihat kurang segar. Perhatikan juga bahwa jaman sekarang mungkin sebagian besar pengunjung blog anda menggunakan perangkat mobile baik smartphone atau tablet, jadi sebaiknya gunakan theme yang mobile friendly.

Ada banyak pilihan theme gratis yang bisa anda gunakan baik jika anda menggunakan wordpress atau blog engine lainnya. Jika ternyata setelah mengganti theme, semangat atau gairah ngeblog anda belum kembali juga, setidaknya cara ini berhasil membuat anda kembali memperhatikan blog anda dan juga membuat blog anda tampil dengan wajah baru. Atau anda bisa mencoba cara lainnya.

2. Ngeblog Dengan Cara Baru, via aplikasi

Cara selanjutnya untuk mengembalikan gairah ngeblog adalah mencoba menggunakan cara baru. Jika sebelum hiatus anda terbiasa ngeblog menggunakan perangkat komputer atau laptop, maka anda bisa mencoba menggunakan cara baru yaitu melalui aplikasi mobile, contohnya WordPress jika anda menggunakan wordpress sebagai engine blog anda.

Aplikasi wordpress tersedia untuk smartphone Android dan juga yang lainnya. Dengan cara ini anda bisa mendapat suasana atau pengalaman baru ketika ngeblog, bisa merasakan bagaimana mengetik tulisan untuk blog anda melalui layar ponsel. Atau setidaknya anda bisa menuliskan bagaimana cara menginstall aplikasi mobile dab menjadikannya sebuah artikel di blog.

Ngeblog selain menulis tentunya juga bisa blogwalking. Jika selama ini anda blogwalking secara manual melalui komputer, coba install aplikasi Feedly untuk blogwalking. Dengan feedly anda bisa “berlangganan” artikel dari blog-blog yang ingin anda kunjungi. Feedly ini penggantinya Google Reader dulu. Feedly juga bisa diakses melalui browser Chrome di komputer.

3. Ganti Tujuan Ngeblog, monetize your blog

Cara meningkatkan gairah ngeblog selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan mengganti tujuan anda ngeblog. Jika selama ini tujuan anda ngeblog hanya untuk sekedar menulis catatan online, bisa jadi akan bosan. Tidak ada salahnya blog yang selama ini mungkin menghabiskan biaya, khususnya self hosted, sekarang anda jadikan untuk menghasilkan uang. Ada banyak cara, mulai dari iklan PPC sampai artikel berbayar. Dengan cara ini siapa tahu gairah ngeblog anda bisa bangkit kembali.

4. Blogwalking ke blog baru (belum pernah dikunjungi)

Untuk membuat suasana baru dalam rangka meningkatkan gairah ngeblog, anda juga bisa mencoba mengunjungi blog-blog yang belum pernah anda kunjungi. Mungkin dengan membaca tulisan-tulisan di blog baru tersebut, anda bisa menemukan inspirasi atau topik dan ide baru yang bisa anda jadikan tulisan di blog anda.

Demikianlah 4 cara yang bisa anda coba untuk meningkatkan atau mengembalikan gairah ngeblog, jika diperlukan silahkan dicoba, semoga ada manfaatnya.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

2 thoughts on “4 Cara Mengembalikan Gairah Ngeblog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *