10 Tips Lulus Tes CPNS

Lulus tes CPNS dan bekerja menjadi PNS adalah idaman hampir setiap orang. Buktinya jumlah peserta tes CPNS yang selalu membludak. Dan pada akhirnya dipastikan banyak yang kecewa karena gagal dan tidaklulus tes CPNS, wajar saja karena jumlah peserta tes jauh lebih banyak dibanding lowongan yang tersedia.

Walaupun pada kenyataan untuk lulus tes CPNS adalah sulit karena banyaknya persaingan, tapi sebenarnya ada tips untuk lulus tes CPNS tersebut. Bukan bermaksud sombong karena kebetulan lulus tes CPNS di dua tempat tahun 2009 lalu, tetapi saya hanya ingin berbagi tips lulus tes CPNS. Jadi bagi anda yang masih ingin mencoba mengikuti tes CPNS, berikut ini tips dari saya untuk membantu anda lulus tes CPNS.

1. Ikutilah tes CPNS sebanyak mungkin.

Karena peluang untuk lulus juga menjadi lebih besar, disamping itu mengikuti lebih banyak tes CPNS membuat anda lebih terlatih untuk menghadapi tes CPNS.

2. Jangan cepat menyerah.

Sangat jarang teman yang saya tahu yang baru ikut sekali tes CPNS dan langsung lulus, saya sendiri bisalulus setelah mencoba beberapa kali.

3. Utamakan yang lebih berpeluang.

Peserta tes CPNS untuk menjadi pegawai di Pemkab / Pemkot / Pemprov umumnya lebih banyak dibanding dengan peserta tes CPNS di instansi lain atau di bawah departemen lain. Selain itu, daripengalaman saya soal-soal tes CPNS di departemen lain lebih obyektif dibanding Pemkab / Pemkot / Pemprov. Misalnya yang jurusan Informatika ada tes / soal khusus bidang Informatika.

4. Belajar!

Tips yang satu ini wajib bagi anda, jika ingin lulus tes CPNS tentu anda harus belajar. Jangan mengandalkan SKS (sistem kebut semalam) untuk lulus tes CPNS. Belajarlah minimal seminggu sebelum tes, ya minimal 1 jam per hari. Beli dan pelajari soal-soal tes CPNS yang biasanya banyak dijual di tempat pendaftaran.

5. Ketahui semua informasi.

Jangan sampai hal-hal sepele anda gagal mengikuti tes, misalnya karena terlambat mendaftar atau belum melengkapi persyaratan.

6. Survey lokasi tes.

Jangan meremehkan hal ini, datanglah ke tempat lokasi tes CPNS sehari sebelum tes diadakan dan memastikan dimana tempat duduk anda. Jangan sampai anda kehabisan waktu di hari H karena bingung mencari lokasi tes CPNS atau bingung mencari tempat duduk.

7. Jangan terlambat

Disini tidak berlaku hukum “lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali”. Jika anda terlambat, peluanganda untuk lulus tes CPNS sudah jauh berkurang. Waktu yang tersedia sudah berkurang, anda juga tidak bisa konsentrasi untuk menjawab soal dan semua persiapan anda untuk tes CPNS akan sia-sia. Bila perlu, datanglah sejam lebih awal agar anda lebih rileks dan tidak tergesa-gesa ketika mengerjakan soal.

8. Lengkapi diri

Persenjatai diri anda dengan lengkap, seperti pulpen, pensil, penghapus, alas dan lainnya. Jangan berharap bisa meminjam perlengkapan ini ketika tes sedang berlangsung.

9. Perhatikan petunjuk soal

Perhatikan semua petunjuk soal, seperti cara menjawab, waktu yang tersedia dan hal yang lainnya. Janganpernah menyepelekan apapun disana. Setelah selesai menjawab soal, jika masih tersedia waktu, gunakan untuk memeriksa kembali jawaban anda. Jangan tersenyum kegirangan ketika anda merasa menjadi orang yang paling dulu selesai menjawab soal. Perhatikan sekali lagi, jangan-jangan anda malah belum menjawab satu sesi soal yang ada.

10. Doa

Langkah terakhir tentu saja doa. Entah bagaimana dengan orang lain, tapi saya percaya kekuatan doa. Berusaha sekuat tenaga ditambah dengan doa tentu akan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Berdoalah sebelum dan setelah selesai mengerjakan soal tes CPNS sesuai dengan keyakinan anda sendiri.

Itulah tips untuk dapat lulus tes CPNS menurut pengalaman saya, semoga dapat membantu.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

77 thoughts on “10 Tips Lulus Tes CPNS

        1. @Cahya,
          hmmmm.. pengalaman saya tes di pemda badung sekali, pemprov sekali, keduanya gagal..

          trus di Kopertis Wilayah VIII dan STP Nusa Dua hampir hampir bersamaan dua-duanya lolos, hehehe

          1. @imadewira, itu sih termasuk sedikit boss! Saya sudah berapa kali ya? Deplu saja sudah 2x dan gagal. Trus, departemen lain juga gagal. Semua tips sudah saya jalani, tapi mungkin keberuntungan blum ada. Hehe!

            Saya sih, jadi PNS cuma pengen mengabdi kepada negara saja. Untuk menabung/mencari kekayaan, saya ndak akan cari dari sana. Banyak tempat lain yang lebih baik kalau untuk cari duit banyak. Maka itu, saya cuma akan pakai cara jujur untuk jadi PNS. Kalau ternyata tetap ndak lulus sampai batas umur saya lewat, baru deh saya berhenti mencoba. Itu artinya negara ini ndak menghargai kemampuan, kejujuran dan loyalitas saya kepada Republik. Haha!

            1. @Agung Pushandaka,
              wah, kalau begitu salut dengan perjuangan anda bro, semoga suatu saat diterima dan negera tidak kehilangan kesempatan untuk menerima pengabdian anda. :D

    1. Tambahan Unutk Tips di Atas
      1. Hubungi Keluarga/Relasi di BKD
      2. Hubungi Keluarga/Relasi di BKN
      3. Hubungi Keluarga/Relasi di KemenPAN
      4. Hubungi Keluarga/Relasi di Tim Pemeriksa
      5. Siapkan UANG,,,
      Tak ada cara menyelamatkan bangsa ini Jika Tak Ada KEMAUAN untuk membuat Sistim yang Memnguntungkan Masarakat LEmah
      Selesai PErkara
      Haahahahahhahah

  1. satu lagi yg gak kalah penting, “motivasi.” apa hal terbesar yg mendorong Anda untuk menjadi PNS? bayangkan kalo angan2 Anda akan terwujud bila Anda lulus tes CPNS, sehingga membuat “jangan cepat menyerah” terus berkobar… semangat!!! hahaha :D
    .-= adiarta´s last blog ..Jadi Cewek Jomblo yang Aman =-.

  2. Tulisan diatas berlaku kalau ANDA Ingin lolos CPNS secara jujur, yang artinya kalo ratio perbandingan kelulusan itu 1:100 ya kemungkinan besar musti gigit jari.
    Bagaimana kalo sekali2 main ke link berikut : isinya kurang lebih kalo seandainya ANDA merasa tidak punya harapan bakalan Lulus. Huahahaha…
    http://www.pandebaik.com/2006/06/13/tips-tips-kalo-mau-jadi-cpns/
    .-= PanDe Baik´s last blog ..Minuman Sari Alang-alang UKM R.Rovit Batu Jawa Timur =-.

  3. 1. Ikutilah tes CPNS sebanyak mungkin –> kebetulan saya cuma sekali nyoba dan alhamdulillah lolos :D

    4. Belajar! —> saya pakai SKS, Sistem Kebut Semalam :lol:

    selebihnya setuju! :D

  4. Setuju ama tips nya. Saran deh, kalo mau lulus, emang mending yang lewat pusat/departemen aja. saingannya malah lebih dikit. dan ketrima tanpa uang. Oya, jangan percaya ama soal-soal. karena beda tiap tahun dan tiap departemen. tapi juga jangan coba ikut tes cpns tanpa belajar..

  5. Kbanyakn d daerah2.. Skitar 98% Ada praktik suap agr bsa lulus.. N jrang ada yg llus murni.. Prcuma ikutin Tips ini klo akhirx kcewa krn gak pux Uang Buat Nyuap

  6. banyak sudah melakukan itu tapi, bnyak yg bilang itu hanya teori belaka tapi pada realitasnya itu tdak terbukti.. banyak mengatakan tanpa uang mna bsa,,,,, mna yang harus d percaya……????????????????

  7. do’a koq dkatakan terakhir y.. hmm, kata pak ustadz sih, inna a’malu bin niat (lakukanlah segala sesuatu diawali dengan niat) dan dalam islam di sebutkan dg minimal membaca basmalah.. maaf sbelumnya, tp akan lbih baik jika kata “yang terakhir” pada tips di atas tidak diikutkan..terima kasih n BTW tips-nya sangat membantu :)

  8. Ada yang kurang dari Tips di Atas
    1. Hubungi Keluarga/Relasi di BKD
    2. Hubungi Keluarga/Relasi di BKN
    3. Hubungi Keluarga/Relasi di KemenPAN
    4. Hubungi Keluarga/Relasi di Tim Pemeriksa
    5. Siapkan UANG,,,
    Selesai PErkara
    Haahahahahhahah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *